Kesuksesan Sang Pemimpin (Ho Chi Minh) Dalam Perang Vietnam

Ho Chi Minh adalah took sentral dalam gerakan pembeasan asia dari cengkraman kolonialisme. Dialah sang patriot yang sering diucapkan oleh parah pengikutnya. Pada kenyataanya, dibawah kepemimpinan Ho Chi Minh, Vietnam Negara miskin dunia ketiga mampu berdiri dan melawan pasukan Amerika Serikat hingga akhirnya merasakan kemardekaan.

Rakyat Vietnam begitu memujanya untuk kemardekaan yang ingin mereka miliki. Sikap dan dukungan terhadap Hi Chin Minh dari rakyat inilah salah satu kunci sukses Ho memimpin Negara dan perang melawan colonial. Selain peran angkatan bersenjata Vietnam Utara sangat menentukan jalanya perang. Terlebih Ho Chin Minh bersahabat dengan seorang tentara Vietnam bernama Vo Nguyen Giap. Giap inilah yang bayak membantu dalam menerapkan strategi perang, dan bahkan memimpin serbuan ke ibukota Vietnam Selatan tahun 1976.

Strategi perang Vietnam Utara pun termasuk spektakuler dalam kajian taktik perang. Geriliya adalah salah satu taktik yang digunakan Ho Chi Minh baik dalam pelarian maupun berperang melawan Amerika. Dan memang taktik geriliya terbukti manjur dalam menghadapi Amerika yang notabene mempunyai kekuatan besar. Uniknya taktik greliya Viet Cong ini sangat mirip dengan apa yang tertuang dalam buku Strategy of guerrilla Warfare yang ditulis Jendral A.H. Nasution.

Hal yang paling menarik dalam perang tersebut, dalam menyokong perang greliaya itu pihak Vietcong membangun lorong-lorong bawah tanah serdadu Amerika menyebutnya sebagai Bungker (Bungker Tradisional). Lorong ini pun seperti yang dipakai oleh pelarian kaum komunis Indonesia setelah peristiwa 1965. Menyerang dengan tiba-tiba dari balik lorong dan cepat kembali lewat lorong yang tadi. Seperti Siluman.

Bicara kehebatan perang Vietnam tak lepas dari peranan Angkatan Udara Vietnam Utara. Secara terbatas angkatan udara Vietnam  berhasil menguranggi intensitas pengeboman Amerika ke wilaya Vietnam Utara. Dengan bantuan China untuk pelatihan penerbangnya dan Soviet untuk alat utama system senjata berupa pesawat tempur.

Aktifnya angkatan udara dalam menguranggi pengeboman berkat kedisiplinan para penerbangnya dan tentu saja kehebatan pesawat tempur buatan Soviet Mig 19 dan Mig 21 yang legendaries. Mig 21 yang kecil dan tipis, tangkas dan lincah di udara mampu menahan F-4 Phantom II milik Amerika yang besar berat dan mahal sarat teknologi. Banyak F-4 yang jatuh tertembak dalam laga di udara membuktikan kehebatan Mig-21. Dewasa ini Angkatan Udara Vietnam termasuk besar di kawasan Asia Tenggara karena diperkuat SUKHOI 27 Flangker buatan Soviet (Sekarang Rusia) tandingan F 15 Eagel buatan Amerika.

About these ads

Perihal muhammad habibi
Saya adalah siswa SMAN 1 Sangatta Utara

4 Responses to Kesuksesan Sang Pemimpin (Ho Chi Minh) Dalam Perang Vietnam

  1. dhiina mengatakan:

    Posting yang bagus
    thanx ilmunya

    • muhammad habibi mengatakan:

      terima kasih

  2. pemburu sejarah internasional mengatakan:

    gmn kl d tulis terkait terowongannya,
    misal;
    peta terowongan,
    menghubungkan dari mana ke mana,
    lebar panjang terowongan,
    isinya apa aja,
    intinya spesifikasi terowongan.

  3. uni mengatakan:

    ehm goood vietnam stdaky prnah mngalahkan amerika dlm perang

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: