Keadaan Ekonomi Korea Utara

Keadaan ekonomi korea utara terguncang selama tahun 1990, utamanya karena hilangnya strategi pengaturan perdagangan dengan USSR dan hubungan yang tegang dengan China, seiring dengan normalisasi China dengan Korea Selatan di tahun 1992. Apalagi, Korea Utara mengalami banjir terbesar sepanjang sejarah di tahun 1995 dan 1996. Itu masih diikuti oleh musim kemarau berkepanjangan selama beberapa tahun, dimulai tahun 1997. Maka, dengan hanya 18% tanah yang bisa ditanami plus ketidakmampuan untuk mengimpor barang yang diperlukan untuk mempertahankan jalannya industri, Korea Utara kemudian dilanda bencana kelaparan basar, dan ekonomi Korea Utara jadi terpuruk

Menghadap negara yang hampir runtuh, Kim mengadopsi kebijakan Military-First untuk memperkuat negara dan rezimnya, Pada skala nasional, kebijakan ini menghasilkan tingkat pertumbuhan yang baik untuk negara ini sejak tahun 1996. Selain itu, impelmentasi dari pabrik ekonomi pasar bernafaskan sosialis ditahun 2002 membuatnya tak lagi bergantung pada bantuan asing dalam penyediaan makanan.

Saat bangun kembali dari keterpurukan ekonomi di tahun 1990-an, secara formal pemrintah mulai menerima aktivitas perdagangan skala kecil. Seprti diamati Daniel Sneider, associate director Stanford’s Asia Pasifik Research Center, godaan kapitalisme takbegitudibatsi secara tegas oleh Kim, tapi paling tidak jika dibandingkan dengan yang tengah lalu, saat ini ada sistem pasar yang mirip dengan pasar bebas, dan menarik perhatian banyak pihak.

Tahun 2002, Kim Jong-il menyatakan bahwa “uang harus bisa jadi alat pengukur untuk semua jenis komonditi”. Pernyataan ini hapir sama dengan apa yang dilakuakn Xiaoping dari China pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Selama kunjungan di tahun 2006, Kim menunjukkan kekaguman pada kemajuan yang pesat dari China pada bidang ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: